Selasa, 23 Oktober 2012

artikel tantang YAST



YaST
YaST ( Yet another Setup Tool [1] ) adalah Linux sistem operasi setup dan konfigurasi alat yang ditampilkan dalam openSUSE distribusi Linux , serta SUSE distribusi 's komersial diturunkan. Ini fitur alat yang dapat mengkonfigurasi banyak aspek dari sistem. Hal ini juga merupakan bagian dari mati Linux Serikat . Distribusi SuSE pertama yang mencakup YaST dirilis pada Mei 1996. YaST ditulis ulang pada tahun 1999 dan termasuk pertama di SuSE Linux 6.3 sebagai installer-satunya. YaST2 ditambahkan ke desktop di SuSE Linux 6.4 dan co-ada dengan YaST1 sampai penghapusan YaST1 di SuSE Linux 8.0.
YaST adalah perangkat lunak bebas yang SUSE telah dibuat tersedia di bawah GPL . [2]
YaST2 adalah alat untuk mengelola dan memelihara instalasi SUSE Linux. Hal ini memungkinkan administrator untuk menginstal perangkat lunak, mengkonfigurasi hardware, mengatur jaringan dan server, dan banyak lagi.
Sebuah fitur YaST adalah bahwa hal itu mengandung baik GUI dan ncurses ujung depan. Hal ini sangat berguna untuk non-GUI instalasi, untuk administrasi sistem melalui koneksi internet yang lambat, dan ketika salah satu tidak dapat boot ke server X grafis tetapi masih membutuhkan user interface maju ke manajer paket (misalnya, pengguna pemula mencoba untuk downgrade suatu Xorg paket untuk memperbaiki instalasi grafis).
openSUSE 10.3 fitur YaST didesain ulang untuk GNOME pengguna dan 11,2 openSUSE fitur didesain ulang YaST Control Center untuk KDE. Dalam versi KDE openSUSE 12.1 's, tema tertentu YaST ditambahkan yang mencakup latar belakang abu-abu dan tombol hijau.
YaST menawarkan paket fungsi manajemen melalui zypp proyek. [3] The zypp pertama aplikasi manajemen paket YaST enabled memiliki masalah kinerja dan panjang start up kali, tetapi diperbaiki dalam rilis 10.2 dan 10.3. Dimulai dengan openSUSE 11.0 alpha 3, zypp diintegrasikan dengan proyek solver SAT, membuat YaST dan zypper lebih cepat dari manajer paket rpm lainnya berbasis. [4]

AutoYaST adalah sistem untuk menginstal satu atau lebih sistem openSUSE secara otomatis tanpa campur tangan pengguna. Instalasi AutoYaST dilakukan dengan menggunakan file kontrol dengan instalasi dan konfigurasi data. Profil dari setiap sistem saat ini disimpan di
/root/autoyast.xml . [5]
YaST digunakan untuk menyertakan saksofon dan SaX2, yang Suse Konfigurasi X Lanjutan. Sax ditulis ulang sebagai SaX2 di SuSE Linux 6.4. SaX1 telah dihapus pada SuSE Linux 8.1 dan SaX2 telah dihapus dari Control Center YaST di openSUSE 11.2. SaX2 telah dihapus sepenuhnya di openSUSE 11.3.

0 komentar: